Berita Geografi Terbaru Hari Ini

Pengertian Dan Makna Geografi Secara Umum

Perbedaan Antara Geografi Dengan Geodesi, Geologi, Dan Geofisika

Bagian ini gue tulis sebab banyak banget orang yang nanya ke gue soal kesalahpahaman bidang ilmu geografi yang gue tekunin selama lima tahun paling akhir ini. Secara keseluruhan bidang keilmuan ini mengkaji berkenaan bumi, sebab geo = Bumi dalam Bahasa Yunani. Terus bedanya apa dong? Perbedaannya itu lebih ke lingkup kajiannya dan proses analisisnya.

Perbedaan Antara Geografi Dengan Geodesi, Geologi, Dan Geofisika

Gue mau mulai jelasin dari ilmu Geologi. area lingkup kajiannya itu berada di dalam Bumi. Buat teman-teman yang masih terkecoh soal geo yang studi batuan, ini lah bidang yang secara spesifik mengkaji soal batuan, lempeng, dan morfologi dalam bumi. Nah, hasilnya berupa analisis perihal dinamika bumi dari sementara ke sementara seperti pergeseran lempeng, pembentukan batuan, hingga Pasang Bola fenomena alam yang sering terjadi seperti gempa, tsunami, maupun letusan gunung api.

Kalo Geofisika itu studi berkenaan bumi dengan prinsip kaidah fisika dan metode matematika. Lingkup bidangnya meliputi meteorologi, atmosfer, dan fisika ionosfer. Ilmu Geofisika bakal menganalisis fenomena fisika yang terjadi di bumi dan lingkungannya sekarang dan jaman lalu sehingga proyeksinya bisa dilihat di jaman yang bakal datang. Dengan kata lain, bisa dibilang kalo geofisika itu ranah kajiannya di atas bumi.

Lain halnya dengan geodesi. Ilmu ini studi berkenaan gimana cara buat peta, pemodelan dengan proses proyeksi yang sesuai, hingga membuahkan peta yang akurat baik dari aspek lokasi / koordinatnya (geometrik) maupun tampilan visualnya (radiometrik). Tidak cuma pemetaan darat, geodesi juga memetakan anggota basic laut atau bisa disebut juga dengan batimetri. Jadi lingkup kajian geodesi itu di permukaan bumi.

Nah kalo Geografi sendiri sebenarnya juga mempelajari ketiga ilmu geo lainnya secara umum. Tapi di Geografi, seperti yang di awalnya sudah gue sebutin, ngga cuma bahas soal sainsnya Bumi tapi juga aspek sosialnya. Ilmu Geografi itu lingkupnya amat luas. Tentunya studi pemetaan seperti Geodesi, sedikit studi berkenaan susunan bumi, dan juga mengkaji berkenaan anggota atmosfer bumi. Namun kecenderungan ilmu Geografi, lingkup kajiannya adalah di permukaan bumi.

Nah, gitu deh, uraian berkenaan Geografi. Kesimpulannya, ilmu Geografi itu sebenarnya masuk ke dalam kategori IPA dan IPS, sebab mencakup aspek dari keduanya. Jadi untuk teman-teman yang nanti mau masuk jurusan ini, gue meminta lo sudah ngga bingung lagi, ya. Sesuai kata kak Rifad juga, Geografi itu bukan cuma studi batuan aja, tapi aspeknya ada banyak banget. Makasih banget sudah mau baca artikel gue ini. Semoga bermanfaat, dan hingga jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *